Thursday, January 9, 2014

#19 Cerita Singkat Bau-Bau Gateway

Seperti yang saya tulis di post jumat kemarin weekend ini saya ada short trip ke Bau-Bau. Dalam rangka datang keresepsi spupunya si bond dan yalan2 huraaaaaa. I have great time, good food, good people and nice place. Bau-Bau sendiri merupakan ibu kota Kotamadya dengan nama yang sama, dulu merupakan bagian dari kabupaten Buton yang sekarang ibu kotanya telah pindah ke pasarwajo setelah pemekaran. Bombana sendiri juga salah satu pemekaran kab. Buton.

Pulau Buton ini merupakan pulau sendiri yang terpisah dari pulau Sulawesi/ pulau utama yang bisa ditempuh lewat Udara dan laut, untuk Udara sudah ada flight dengan Maskapai Lions Air/Wings Air yang melayani rute Jakarta Bau-Bau transit via Makassar. Kalaupun laut, Pelabuhan Murhum merupakan salah satu pelabuhan tersibuk dan tempat transit kapal2 pelni yang akan berangkat dari bagian barat kebagian timur Indonesia. Bisa juga kesana dengan flight ke kendari disambung dengan Superjet/ Kapal cepat kurleb 5 jam ke Bau2 ongkosnya skitar 150rb exclude tiket pesawat ya,, saya gak pernah naik pesawat ke Bau2 xixixixixix.

Perjalanan saya sendiri dimulai jumat malam berangkat jam 10 malam dari Rumbia (ibu kota Bombana) dan tba di Bau-Bau hari sabtu sekitar jam 5.30 Pagi atau kurleb 10 jam. Tapi saya gak pakai moda transportasi biasanya hehehe, saya kesana pakai kapal kayu yang Cuma muat skitaran 100 orang, kapal kayu yang sepanjang jalannya goyang2 kayak ayunan, trus penumpang didalamnya numpuk kayak pepes ikan peda trus pas sampai pelabuhan kamu harus turun pakai tambang… hahahaha.. rasanya dengkul saya lemas stiap naik kapal kayu ini. jangan ngaku traveler dech kalau belum pernah cobain *kemudianditimpukmassa* :D

Tiba di Bau2 langsung masuk hotel, nama hotelnya itu Hotel Calista Beach. Kebetulan hotel ini langganan Kantor saya (buktinya saya ketemu pimpinan cabang saya disini fiuuuh), hotelnya lumayan bagus dengan rate sekitaran 400-700rb. Saya jelas ngambil yang paling murah ketahuan kere. Kan Cuma buat numpang bobo. Dapat breakfast untuk dua orang, kamarnya lumayan oke sayangnya sempit ga cocok kalau bawa anak2. G tau kalau untuk yang lebih mahal, kamar mandinya juga sempit banget. Tapi asiknya meskipun check ini lebih awal kita gak kena cash tambahahan . Sarapannya sich biasa aja ya, tapi bond suka banget Tahu gorengnya (selera murce hahahaha).

Karena trip kali ini dalam rangka acara keluarga di sambi liburan saya gak ketempat2 wisata yang biasanya orang datengin kalau liburan Ke bau2 seperti Keraton kesultanan Buton, Pantai Nirwana, Lakeba  dan tempat wisata budaya lainnya. saya lebih memilih nongkrong di bukit Wantiro, Bukit Kolema (tiruan Bukit Holywood), wiskul ke Pantai kamali dan yang jadi Higlightsnya berburu Cakar atau Cap karung (barang2 Second Hands dari luar negeri) di pasar traditional Wameo dan nganterin kakak ipar saya yang akan balik ke fak2 Papua (finally saya ketemu juga).

Berhubung saya bingung gimana menceritakan hasil perjalanan saya itu, berdasarkan gambar aja kali ya…..

Here we go…
itu kapal yang kita pakai Pulang namanya Buton Lestari kalau waktu pergi namanya Fatmawati, iya cuma segede itu :D
foto kapal itu diambil dari pantai kamali sore2 seblum balik ke Bombana, rata2 kapal penumpang rute Bombana-Bau2 ya memang cuma seperti ituh. pernah sich ada super jet/kapal cepat gitu tapi pengusaha kapal kayu pada demo karena merasa penghsilan mereka jauh berkurang, ya kalle mending naik speed banding kapal kayak gini. hehehhehe

Penampakan kamar singel bed, g sempat foto yang double yang dipakai kakak ipar

Penampakan kamar mandi Hotel
Itu dia penampakan kamar hotel plus toiletnya, asli sempit banget. susah euy kalau pen b**** lutut kejepit antara wastafel dan pembatas kloset... grr, mending ke losmen sebelah kayaknya cuma 80rb xixixixi

Makan Siang bareng kakak ipar di KFc
 Finally, setelah 1 tahun nikah saya ketemu juga sama kakak ke 5 bond ini, kebetulan dia habis mudik ke Raha dan bakalan pulang ke Fak2 by pelni jadi transit sebentar ke Bau2. gila, berangkatnya jam3 subuh aja gitu sempat panik grasa grusu keluar hotel lantaran takut ketinggalan kapal. sirine kapal udah buyi 2x kita masih bobo di hotel, untung jarak hotel sama pelabuhannya dekat.

Ona si Pengantin Wanita, maafkan foto penampakan saya disampingnya yang kucel krn gak sempat dandan xixixixi
Tumpukan BH second hands di Pasar Wameo, bisa jadi ada barang sekenan maddonna :D

Si Bond sibuk milih2 sepatu di Wameo
inilah highlights jalan2 ke bau2 kemarin, nyakar singkatan dari nyari cakar alias cap karung, barang2 second hands dari luar negeri. meskipun sy ngupload foto2 bra itu saya gak beli loh ya cateeeet, xixixixixix. saya cuma beli beberapa sarung bantal yang harganya 7.500 saja plus sendal buat ipar saya seharga 70rb. pasar Wameo ini beneran surganya Cakar nemu trening reebok cuma 40rebu, pants uniqlo 15rb, clana converse asli cuma 15rb... sepatu toms asli 85rb, crocs asli 75rb. tapi pulang kamu musti siapin air mendidih kalau nekad beli buat nyuci xixixixix. kalau untuk sepatu gapapalah ya,,,, sayang sepatu tomsnya saya kekecilan huuuuu, batal deh gaya dengan modal gak sampe 100rb :D

nongkrong dulu di bukit wantiro, pemandangannya bagus bisa ngopi cantik sambil liat laut dari ketinggian
Di depan Bukit holywood abal2, bukit Kolema

Jarak antara bukit Wantiro dan bukit kolema ini deket aja kok sekitaran 100 meteran dari hoter kurleb 5km, cukup nyewa bentor (becak motor) bayar 20rb sekali jalan kesana. pemandangannya indah banget boy... apalagi kalau nunggu sunset pemandangan matahari tenggelamnya itu keren maksimal. sayang pas kemarin itu saya gak bisa nugguin karena ngejar kapal buat balik kebombana

Penampakan Calista beach hotel dari Pantai Kamali
Kasuami dan Kabuto makanan khas Bau2 terbuat dari tepung ubi
Jajanan di Pantai kamali

selain wisata yalan2 gak lupa wisata kuliner. makanan khas bau2 seperti kasuami, yang terbuat dari ibu dimakan pakai ikan bakar dan sambel tomat rasanya maknyoooos. sempat juga nyobain es kelapa dan konro warung Bersaudara dekat hotel dan enakk, secara saya cuma tau dua rasa enak dan enaaaaak banget

playground 5 ribu perak sudah puas xixixixix
selain itu sempat ngajak ponakan main di playground abal2 di pantai kamali ada odong2, komedi putar, mandi bola cuma modal 5rb sekali main 5 putaran hahahahahahay..... murah yaaaa. 20rb udah puas lah pokoknya.

kayaknya itu aja dech cerita2 liburan dari bau2 kemarin, maafkan cara penceritaan yang gak beraturan, asli sy ga tau bikin tulisan report perjalanan yang ciamik. ini aja nulis berdasarkan ingat2 maklum eyke pelupa cint xixixixix

kalau ada yg kurang jelas trus pen ditanyaain feel free to coment and asking di form comment dibawah ya temas, kali aja kan ada yg niat liburan ke Intim alias Indonesia Timur khususnya bau2... ^_^V

dan maaf kan juga ya foto2nya kabur dan gak jelas modal BB doank, ada yang minat nyumbangin dslr?? :D

Selamat Hari Kamis Temans

cheers

RheY

1. ada bra second dijual ternyata ya :)

1. jangankan bra mbak,,, CDpun ada xixixixiixixix
      kasur, selimut, seprei, bed cover, gorden, tas, sepatu, sendal, bahkan kalau ke wancikompor tanampun ada mbak :D

2. wuiih muraah ya sepatu Toms asli harga segitu....
    barangnya masih bagus2 ya yang dijual sana ?

1. iyah mbak itu hrga spatu2nya paling mahal 125rb, dan kondisinya masih 80% mulus ada juga sih yang sisa 40-60% kondisinya dan bisa dpt lebih murah lag harganya. disini gak ada KW2an pokoknya semuanya ori hehhehehe

3. underwear 2nd? waduh! :D

gak berani saya naik kapal kayunya kayaknya hahaha

4. hahahha, iya mbak. banyak yang jual segala merek kek triumph, wacoal, victoria secret mungkin ada jg kali nich cuman saya gak nyariri xixixiix
    ayo mbak Myra cobain naik kapal kayu..:D

5. wah belum pernah saya makan makanan khasnya itu

1. Iya mas, keknya kasuami itu cm ada didaerah sultra. Ayo main ke sini buat jalan2 plus cobain mkanannya hehehe

6. lihat Foto fotony ajadi pengen ke sana nih :)

7. Ayo main ke bau2 heheheheh, bgus klu pas ada event gitu. 2012 ada fstival kraton, 2013 ada pembungkusan benteng dgn kain adat, kali aja 2014 ini ada festival apa gtu seru loh hehehehe