Wednesday, January 15, 2014

#21 HBD Joker Merah A.K.A. Bapak


Hari ini bapak saya ulang tahun yang ke 56, kata mama kemarin orang rumah di Kendari sudah sibuk bikin penganan untuk sukuran bapak, mulai rendang, nasi kuning, kue2,, aduuh membayangkannya saja saya sudah ngiler, si bond yang kebetulan lg ke Raha sampe pengen mampir dulu ke kendari sebelum pulang ke Bombana.. :D

Barusan telepon mama katanya sudah diskolahan tempat tugas bapak buat sukuran bareng2. Dalam hal perayaan anniversary maupun ulang tahun bapak memang sedikit lebay hhehehe. Setiap tahun pasti musti bikin2 sesuatu. Inget banget pas anniversary mereka yang ke 25 bapak sampe bikin sukuran gede2 gitu dirumah manggil teman2 kantor mama, keluarga, teman ngajar dia, tahun ini malah lebih assoy mereka liburan tur de java hampir sebulan….

Selain sifat lebayatun kek gitu, sifat dominan bapak itu keras dan disiplin banget, sekali mengeluarkan titah artinya jangan ngebantah. Semua spupu sekali (anak sodara2 bapak) takut cenderung keder kalau berhadapan sama bapak. Sampe2 bapak dapat julukan Pak Raden dan di panggil kai Kumis oleh cucu2nya  dan kami anak2nya nyebut dia sang Joker Merah.. :D

setiap pagi setelah shalat subuh dia pasti sudah bebersih rumah dan langsung siap2 berangkat ke sekolah,, bapak tiba disekolah itu sekitar pukul 6 pagi dan langsung menyapu halaman sampe mencangkuli kebun sekolah saking cintanya sama kebersihan,, sampe2 pernah ada kejadian lebaran tahun kemarin bapak sama mama keliling buat ngunjungin semua guru2 dan staf Tata usaha di skolahan dia, pas dirumah salah seorang guru, suaminya itu nyangkain bapak tukang kebun sekolah krn setiap nganter istrinya ngajar pasti ngeliat bapak lagi nyapu halaman sekolah atau lagi bersih2 tanaman xixixiixixixix.

Tapi dibalik sikap tegas dan doyan marah2nya itu, bapak ini sangat penyayang dan sensitive. Selalu berusaha Menuhin semua kebutuhan anak2nya. Dia juga laki2 yang jadi idola pertama saya hahah,, oh sy pengen skali jadi guru seperti bapak yang kemana2 pasti ada yang ngenalin, trus suka tiba2 ada yang cium tangan kalau kita lg jalan2 di pusat keramaian kek mall atau pasar gitu :D

Bapak juga sangat dermawan, kenapa saya bilang sangat krn mama sampe suka ngeluh baju2 bapak suka habis di lemari krn setiap ada yang bilang suka pasti lsng dikasih, pernah juga nampung mas2 penjual kelambu dari jawa yang belum pernah di temuin sebelumnya selama sebulan di rumah, mana tau kan kalau mas2 itu penjahat. Suka ngasih2 duit atau barang ke orang padahal mama di rumah kadang2 sudah kehabisan duit belanja, selain itu suka banget nampung kucing yang di buang di jalan… wedew, kalau gak dimarain mama mungkin rumah bakalan jadi kandang kucing….

Bapak juga pernah nikahin anak gadis tetangga (dengan seijin mama tentunya) karena dia hamil di luar nikah dan laki2 yang ngehamilin kabur dan gak mau bertanggung jawab, bapak sampe bantuin cari laki2 itu kemana2 tapi gak ketemu. Akhirnya bapak memutuskan untuk nikahin tetangga itu krn anaknya gak bakalan dapat surat lahir untuk kebutuhan adopsi kalau orang tuanya gak nikah. Bapak pula yang ngurus semua surat2nya di pengadilan, ngurus proses adopsi sampe anak itu dapat orang tua yang layak. Kalau ada yang bertanya tentang anak gadis tetangga ituh sekarang dia udah nikah dan sudah punya anak tentunya dengan laki2 yang lebih bertanggung jawab lalu mengganggap bapak dan mama sebagai orang tuanya dia juga :D

Selain itu bapak sempat di julukin sama abangnya sebagai si Raja Pesta. Bukaaaan, bukan pesta disko uget2 gak jelas ya tapi bapak hampir gak pernah gak datang setiap nerima undangan baik itu nikahan, akikahan sampai tahlilan. Bukan Cuma pesta seputran kendari aja ya, dia bisa bela2in ke Kolaka, wawotobi, unaaha, raha, sampe Makassar, Palu dan selayar Cuma buat menghadiri pesta kerabatnya dia. Gak kebayangkan biaya yang dikeluarin untuk menghadiri acara2 ini, kata mama pernah setengah gaji bapak Cuma buat ngisi angpau2 undangan, trus pernah juga bapak nerima 5 undangan dalam sehari yang semuanya di hadiri…..

Ah bapak, sebenarnya masih banyak banget yang mau ditulis. Sebagai fans bapak garis keras saya Cuma bisa mendoakan semoga di pertambahan umur kali ini bapak bisa lebih sehat, lebih bahagia, lebih sejahtra dan sukses dunia akhirat. Semoga Allah selalu memberkahi setiap langkah2 bapak, melindungi bapak dan selalu menuntun bapak dalam kebaikan dan kebenaran. Amiinn 

Panjang umur dan sehat terus ya Pak…..

Nemenin Bapak ke salah satu acara kawinan


Your blessed Daughter


RheY

8 comments:

  1. Subhanallaaah... Selamat ulang tahun ya Mba buat Ayahandanya.. Kebayang betapa luar biasanya beliau. Semoga beliau sehat selalu dan dikaruniai rezeki yang berkah.
    Bapak saya setipe soal ngasih-ngasih dan menurut beliau, semoga balasan rezekinya lari ke anak-anaknya.. Semoga terkabul begitu Mba. :)

    ReplyDelete
  2. Amiiin, makasih doanya mas
    Bapak emang gitu, mrs beruntung krn lahir jd anak bapak sm mama heheehe

    ReplyDelete
  3. happy belated b'day Oom.. sehat selalu, Aamin Aamiin.

    di pestaku juga tawwa Oom dy datang, heheheh.. tarengkyuuu Oom :D

    ReplyDelete
  4. Selamat ulang tahun untuk Bapaknya yah :) Mendoakan sehat dan bahagia selalu.
    Ahya lihat poto ini, cuma mau bilang, dirimu cocok jadi guru ;) potongannya udah ada. Hehehe

    ReplyDelete
  5. amiin,, moga gak sekedar ptongannya aja ya tp bisa jadi guru yang baik...:)

    ReplyDelete