Friday, February 7, 2014

#29 Meliat Gudang, Mengingat Kembali kenangan....



Libur imlek kemarin saya pulang ke Kendari karena malamnya di telponin bapak, kangen katanya… eciyeeh. Ternyata disuruh bantuin mama ada acara rapat kelurahan yang venuenya pindah ke rumah….  Jadi mulai jumat sore, sibuk beberes dan masak2 didapur…  menunya itu sup iga sapi dan sinonggi. Sinonggi ini makanan khas suku Tolaki dan sebagian besar masyarakat Sulawesi Tenggara terbuat dari sagu cair yang disiram air mendidih. Tapi beda sama papeda dari papua dan kapurung dari palopo Makassar, Meskipun bahan dasarnya sama2 sagu. Sinonggi ini gak dicampur skaligus dengan sayur dan ikannya seperti kapurung tp terpisah. Jadi sebelum makan kita ngeracik dl campuran kuah bisa ikan masak, sayuran, atau kuah daging sesuai selera. Trus makan dech dengan sinonggi.  Rasanya enak dan segar, kalau yang baru makan mungkin agak merasa aneh karena seperti lem. Tapi bagi masyarakat kendari makanan ini suka jadi menu wajib kalau lagi kumpul keluarga atau ada acara dan jadi salah satu makanan favorit saya :D. Sayang saya Cuma sempat foto suasana acara g sempat foto langsung sinonggi buatan mama yang langsung ludes dlam sekejap. 


Suasana rapat kelurahan foto dari lante 2, ada anggota dpr yang datang bapak heran krn gak ngundang ternyata mau nebeng sosialisasi hahahahha


Kemarin juga sempat jalan2 ke gramedia buat beli buku jatah bulan ini. dan senang banget dapat buku why Cuma 20ribu padahal kata mbak Vera harganya 60rbuan. Langsung borong beberapa buat ponakan. Nyesal juga gak beli banyak aja sekalian.. kan bisa di jual hahah otak dagang 

Intronya udah kepanjangan pake berputar ke acara rapat, sinonggi sampe buku why padahal mau cerita tentang bongkar2 gudang pas pulang ke rumah kemarin. Jadi ceritanya, karena bakalan ada rapat kelurahan kami serumah jadi sibuk beberes dan ngangkut2 beberapa barang kek piring, dan alat2 masak dari gudang pas proses ngangkat2 saya iseng2 nyari2 komik, majalah dan novel2 lama saya yang sudah sekian tahun di ungsikan di gudang. Ternyata nemu banyaaaak banget sampe sudah di masukkan ke dalam 9 dos besar sama mama.


Baru Sempat Buka 1 dos ini


Gosh, pas bongkar salah satu dos dan nemu komik2 jadul yg dulu rasanya susah banget dikumpulin satu persatu itu gimana ya,,, tiba2 aja kenangan dari SD sampe kuliah terputar di kepala. Dulu kerjaannya jaman skolah smp sampe kuliah tempat nongkrongnya berkisar di rental komik, warnet klu lg ada duit ya gramed. Selalu nanya ke rentalan komik apa yang baru trus kalau ada yang baru selalu berusaha jadi yang baca paling pertama.. :D

Liat2 lagi komik throbbing tonight, tentang keluarga drakula yg gak lagi minum darah tapi jus tomat, komik yaiba yang karangan gosho aoyama, serial cantik, serial misteri, novel2 harlequin sampe novel2 yang ada logo tidak di perjual belikan milik negara hahhahaha


salah satu buku Sori Siregar yang ada cap milik negara.. jangan ditiru hahahah


Jadi critanya karena saya suka banget baca dan gak puas sama majalah bobo, Ananda dan Aku anak Saleh yang di bawain bapak mama  saya minta di bawain bacaan dr perpus skolahan bapak *jangan ditiru. Novel kek Atheisnya Achdiat K Miharja, Layar Terkembangnya ST. Alisahbana, Salah Asuhan sampe Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, beberapa kumpulan cerpen Kompas, cerpen Sori Siregar itu sudah Khatam sejak SD. Bahkan Layar Terkembang sudah saya baca lebih dari 10 kali saya hapal luar kepala cerita Tuti, Yusuf dan Maria sampe adegan yusuf mengayuh sampan di danau ranau… :D

Ada Buku saku Pak Beye diantara tumpukan komik, pasti pas beberes gudang g sengaja bapak masukin :D


Karena hobby baca komik ini juga akhirnya suka di amuk sama bapak. Pernah dapet lungsuran komik 1 dos dari murid Les bapak trus baca gak berenti2 krn sebal bapak ngebungkus lagi semua komik2 itu dan di sumbangin entah kemana. Trus karena takut ketauan komiknya suka di selip diantara buku pelajaran, kalau pas kebetulan bapak sidak kekamar cepat2 tuh komik yang bertebaran di ranjang di tutup pakai bed cover biar gak keliatan hahahahah, tapi kalau sekarang di ingat2 lagi semua itu rasanya menyenangkan. Meskipun sekarang bertebaran ebook, ereader tapi membaca komik atau novel dari bukunya langsung masih jadi kenikmatan tersendiri. Sampe skrangpun saya selalu nyisip duit belanja buat beli buku sama beberapa komik bagus. Komik yang saya beli setelah punya duit sendiri itu komik budha punya Ozamu Tesuka dan Lagak Jakarta punya Benny Mice (yang ini komik gak sich). selain komik2 jepang yang terkenal dengan mata besarnya itu saya juga suka komik lokal, yang paling saya suka komik si Lender yang tokoh2nya semua anggota Padhayangan kek Denny Chandra, Tika, itu asli lucu banget. Kalau ada kesempatan baca dech, gak nyesel hehehehe


Beberapa novel mulai dari adaptasi, harlequin sampe buku Bahasa Inggris sehari2 hahaha

Sekarang sudah jarang banget ngumpulin komik pengaruh umur juga kali ya skrg yang dibanyakin novel :D, Tapi liat2 komik lagi bikin saya jadi nostalgia. Langsung bawa beberapa buat di baca ulang di bombana, jadi ingat lagi tentang khayalan cinta pertama dan pangeran impian selepas baca komik cantik :D, meskipun agak sedih juga karena banyak komik yang sudah dimakan rayap karena gak keurus.  Ini aja baru bongkar satu dos.. apa kabar delapan dos lainnya ya,, smoga saja kondisi komiknya masih pada bagus karena kalau dikumpulin tuh komik2 ada kali seribuan biji bahkan lebih. Kan lumayan buat warisan kalau kelak punya anak.. :)


Jadi bertrimakasih banget sama bapak dan mama yang udah membiasakan baca dari kecil, yang meskipun jarang banget beliin mainan tapi g pernah berenti nyetok bacaan buat anaknya. Jujur, ikutan senang kalau liat anak2 atau baca anak2 temans blogger semua yang suka baca banding ngegame. Saya yakin saat mereka besar pasti jadi bertrimakasih sama ortunya karena sudah di kenalin buku sejak kecil.

Happy Weekend Temans

Ada Rencana Baca Buku Apa Weekend ini? kalau saya lagi marathon baca  komik cantik sama Mary Mary James Patterson 

PS. Maaf semingguan ini jarang banget BW abis kedatangan AREM kemarin, rasanya deg2 plas krn Bapak ini terkenal Killer dan kalau ngomong suka nancep ke ulu hati. untung saja meeting kemarin semua lancar dan terlalui dengan baik

Cheers

RheY



29 comments:

  1. saya akhir bulan kemarin baru dari Kendari tuh.. lumayan sempat jalan-jalan 2 malem disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada acara apa mas. Nginap dmn? Gmn kesannya sm kendari :D

      Delete
    2. eehh eehh, Mas Goiq ke Kendari yah? waah koq gak bilang2 Mas *lohh sapa coba kamu Di* padahal kan dulu keknya udah pernah saling komen2 kta Mas, kadang jadi silent reader di blog Mas juga loh.. klo kemarin bilang kan bisa kopdar kita, hehehehh.

      kapan2 main ke Kendari lagi yah Mas :)

      Delete
  2. hahahahh, jadi ingeeet dulu toh keknya dirimu itu, bawaannya komik di tangan bukan buku catatan atau binder apa kek soal kuliahan :p

    saya masih mau slesaikan buku karangannya Ika Natasha, heraaan belakangan semangat membaca turun, xiixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. buku ika yg terakhir saya baca antologi rasa... tahun lalu bacanya.. di pinjam temen kemarin... tp masih lbh suka a very yuppy wedding..... divortiare jg lumayan... merasa relate mungkin krn cerita ttg bankir...
      btw,, jangan buka aib ku hahahahah

      Delete
  3. wah.... bukunya banyak banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak banyak sich mas tp lumayan... banyakan komik sich heheheh

      Delete
  4. waaww..banyak amat mba koleksinya..bisa buka taman bacaan ituu..apalagi masih ada beberapa dos lagi... ;))

    dulu aku juga termasuk penggemar komik2 jepang..yang ceritanya romantis2 gitu...yang cowoknya digambarkan cool, tinggi menjulang..trus kalo cewenya rata2 seleboran gitu... hihihihi

    ReplyDelete
  5. iya mbak,,, sy suka banget komik cantik model gitu. bisa ke bawa ngayal babu andekan punya kisah cinta kek komik gitu :D

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Lumayan mbak hehehe, klu mbak fitri suka baca buku apa :D

      Delete
  7. Mbak Rhey, aku jadi inget koleksi komik dan novel ku yang habis dimakan rayap. Huwaaaa... :'( Saking sedihnya sampe terdiam. Ngga bisa ngomong. Huhuhu.. Apalagi kalo buku lama kayak Goosebumps kan ngga ada dijual lagi kan yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bku RL stine mmg seru hehheehe, misteri tp fun..
      Sedih bgt mmg pas liat buku kemakan rayap,, banyak bgt bukuq yg gt hikzzzzz

      Delete
    2. Yang tersisa cuma serpihan-serpihan halamannya doank, Mbak.. Hiks.. Ini lagi berjuang buat ngumpulin lagi. Nyari sampe ke tempat loakan buku.

      Delete
    3. wah sayang banget ya,, pasti sedih apalg klu buku yg disukai... sy blum bongkar koleksi lg.. sepertinya sy punya beberapa buku gosebumps dan elm street yg sohor itu :)

      Delete
  8. Wooow banyak mba rhey koleksi buku2nya.. Emang sih ya mau jaman sekarang udah ada ebook atau apa gitu tetep aja baca buku langsung kaya novel atau komik beneran ada kenikmatan tersendiri yaaa.. :)

    ReplyDelete
  9. Penapsaran sangat sama Sinonggi. Huehehehe
    Ituh bukunya dan komiknya banyak bener. Jadi ngiler pengen baca. Ish judul-judulnya kok kayaknya lebih senior dari judul-judul komik saya yah. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan emang komik jadul hasil lungsuran atau beli di loakan Mas Dan, jadi emang udah banyak yang tua2.. apalgi novel yang ada cap milik negara.. itu mah angkatan bapak hehehhe

      Delete
  10. aduh...baca ini jadi keinget lagi sama koleksi buku jaman sekolah dulu. Gak tau itu buku2 udah jadi apa di gudang..hikksss...

    Memang ya, walo sekarang apa2 udah bisa dibaca secara digital, tapi tetep aja klo inget gimana serunya baca komik dan novel secara fisik tuh rasanya kangen kayak dulu lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak bukunya di liat lg,, sapatau bisa buat Abang raja dan adek Ralph :)

      Delete
  11. Banyakk banget koleksii nya.. Seandainya Kendari deket pasti dah minjem dehh..huhuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah,, kalau kita deketan kita bs barteran bacaan hehehhe

      Delete
  12. mau lanjutin baca novel yang belum selesai aku baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih banyak pendingan bacaan mbak hehehhe

      Delete
  13. aku pun suka komik-komik mb... tapi untung banyak pinjam di persewaan.. Jadi ga nimbun terlalu banyak di rumah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak,, dulu jg senang nyewa di rental komik.. tp krn suka bli2 murah di loakan dan dapet lungsuran gak berasa jd banyak banget....

      Delete