Thursday, March 5, 2015

Barongko, kue tradisonal rasa sensasional

Kembali lagi di resep super gampil dari rumah lampopala, seperti biasa kalau g gampang manalah bisa saya buat...xixixixix
kali ini saya ingin bagiin resep kue tradisional khas sulawesi. Sebenarnya kue ini asalnya dri daerah sulawesi selatan sono yang mana merupakan tanah leluhur alias kampung sayah, kue ini juga salah satu cemilan favorite dirumah dan yang paling sering dibuat kalau ada acara keluarga Karena selain enak jadinya juga banyak.
Bahannya gampang dan cara buatnya juga gampang, tp rasa jangan ditanya dech, enaaaaak banget apalg kalau di makan dingin2 pas siang hari bolong dijamin nagih #promosikeras.

Bahan
1 sisir Pisang Kepok yang sudah matang banget (semakin benyek semkin ok asal jgn sampe busuk aja dech)
1 kaleng susu kental manis (saya pake susu bendera yg kaleng biru)
10 butir telur
5 gelas santan atau sekitar 1 liter dari 1 biji kelapa tua
gula pasir secukupnya sesuai selera
garam sejumput
Vanili bubuk secukupnya

Cara membuatnya
kupas pisang dan belah2 ambil pinggirannya saja dan sisihkan bagian tengahnya yang berwarna bintik2 hitam, supaya barongko kelihatan putih dan cantik
campurkan semua bahan trus diblender sampe pisangnya halus, kalau pengen pisangnya berstruktur agak kasar bisa juga di benyek aja pake gelas.. tapikan repot xixixixixix
bungkus adonan pake daun pisang kira2 1 bungkusnya 1 sampai 2 sendok sayur tergantung selera kemudian kukus selama 20 menit atau sampe barongkonya matang. Kalau g mau repot pake daun pisang bisa juga pake pinggan tahan panas.
Setelah matang biarkan dingin dan masukkan kedalam kulkas tara barongko siap dinikmati
Si pisang keppok yang montok, kalau di bombana atau kendari namanya pisang keppo atau pisang bugis

Ini proses bungkus sama ngukusnya

taraaa barongko siap di santap


Gampang banget kan, nagh gimana dengan tengah pisangnya karena sayang banget klu hrus dibuang dan biasanya tengah pisang itu cenderung lebih mamis dr bagian luarnya saya campurin jg dengan bahan barongko tapi cuman setengah adonan ajah trus karena di Bombana sini lagi musim duren saya modifikasi dengan ngasih campuran daging duren gimana rasanya ternyata sama enaaak bingits xixixixixixi
ini tengahnya si pisang keppok yang setelah dicampur sama daging buah durian rasanya jadi enak juga, barongko juga bisa langsung dikukus pake pinggan tahan panas gini tp biar rasanya lbh enak pinggannya sebaiknya dilapisi daun pisang



Nagh,,, gimana2... gampang banget kan 1 sisir ini  bisa buat 50 bungkus atau kurleb 3 pireks kalau pake pinggan tahan panas ngukusnya.... silahkan dicoba manteman..... oh iya jgn lupa share resep masakan yang gampang juga yah xixixixixix


Ps. Maafkeun cara ngedit fotonya yang acaka kadut ya,,,  namapun bukan pro xixxixixi



Cheers


RheY



24 comments:

  1. Saya suka kue ini. Manisnya pas di lidah.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah ini kue memang diciptakan buat para pencinta manis kekx hehehe

      Delete
  2. Aku baru sekali ini denger nama makanan barongko..eyampun...kemana aja aku selama masih tinggal di sulawesi sana? hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya mmg barongko ini hanya hitz di daerah tenggara sm selatan sulawesi mbak xixixixiix

      Delete
  3. Aku sukkkaa barongko....pokoknya pisang diapain aja sukkaaa

    ReplyDelete
  4. AKu tau makaan ini, tapi ga tau namanya...mantab deh, Tfs ya Rhey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak kan mbak fit xixixixixix #maksa

      Delete
  5. sekilas kek kue pisang yah :) hehehe...

    ReplyDelete
  6. aku suka kue barongko itu ..
    tapi kalo di tasikmalaya namanya doko-doko kue kaya gitu mah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau doko2 lain lg mbak ipah.... dia tepung beras yg didalamnya ada irisan pisang atau parutan kelapa pake gulamerah

      Delete
  7. aku pernah makan kue semacem ini enaaaaaak :))

    ReplyDelete
  8. wow wow
    aku pingin nyobain nih...
    kelihatannya gampang banget ya

    terima kasih resepnya

    ReplyDelete
  9. Barongko juga menjadi salah satu kue kesukaan saya, sejak kecil lebih suka menyebutnya kue perahu :D Sangat terasa nikmatnya saat dingin ^_^

    ReplyDelete
  10. Klo nemu pisang dalem kuenya ty berasa dpt jackpot yaa

    ReplyDelete
  11. Kyaaaa.. Mupeng kann, jauh banget lagi mau minta :D Mau deh bikin kapan2..haha :D Makasih resepnya ya Rhey :D

    ReplyDelete