Saturday, April 11, 2015

Random Story Minggu Lalu

Hola temans blog apa kabar semuaaah..... gimana malam minggunya... g kelabu kan? Bagi yg masih kelabu ubah jadi kelambu gih tapi jangan dari benang biru yah krn itu sudah jadi hak patennya Meggy Z xixixixix garing ah

mau cerita nich kalau long weekend minggu lalu finally bisa mudik lgi kekampungnya si bond di Raha.. kebetulan ponakan yang merupakan anak sulung dari kakak sulungnya si bond ada yang nikah tanggal 6 april kemaren, ini kemenakan ke4 yang nikah inshallah umur panjang masih ada sekitar 20an lagi xixixixixiix
saya berangkat dari bombana itu jumat pagi, tiba di kendari g langsung cuss ke raha karena musti bantuin mama yang lagi ada arisan.... sabtu malamnya bru bisa go show ke Raha naik fery malam. Ini untuk pertama kalinya dalam hidup saya ke raha sendirian pake fery malam ini. si bond sudah berangkat malam sebelumnya karena mau bantu2 wed prep ponakannya ituh.. gimana perasaan sy brangkat sendiri dgn fery malam inih ternyataah eng ing eng biasa ajjah temans xixixixixxi.
naik fery malam ini menurut saya lebih santai banding naik super jet yg tempat duduknya sempit ituh, karena disedian tempat tidur jadi bisa baring2 dan santai malah kalau lg ada duit bisa ngambil kamar yang pake ac untuk tarifnya sendiri non kamar 120rb kalau pake kamar 250rb, berangkat jam10 malam tiba jam 4 dini hari paling lat tapi berasa enak mungkin krn penumpang g trlalu padat juga coba dech kalau pas mudik lebaran brasa jadi pepes ikan peda atuh heheheh.. sayang karena pergi sendiri saya g sempat foto2, nantilah kapan2 saya bikin riviu2 g penting ttg perbedaan naik super jet sama Fery malam inih itupun kalau ingat hahahah
tiba di raha di jemput sama si bond di pelabuhan dan lsng kerumah kakak dia yang nomor 2 buat bersih2 dan istrahat sebentar fyi bond ini anak bungsu dari 9 bersodara, sukurlah waktu ituh ina mertua saya g ikut program kb yah sebab kalau ikut alamaaak akuh bakalan kehilangan jodohkuuu :P
selepas dr rumah kakak ke2 kami langsung ke tempat acara, jadi yah untuk hajatan nikah orang muna ini ada beberapa susunan acara, bagi orang muna yang kebetulan mampir di mari CMIIW ya, soalnya ini cuma based on pengamatan absurd saya...
H min 1 ituh sore sekitar jam3 kita ada acara ziarah kubur kemakam almarhum bapaknya bond yang kebetulan berupa kompleks makam keluarga dimana disitu ada pula kubur nenek dan kakek bond, bareng kakanya dia yang punya hajatan, calon pengantin, ina mertua, dan beberapa kerabat lain yang nganterin.. ziarah ini di maksudkan selain buat ngenang  bapak mertua buat mendoakan dia juga, skaligus berharap smua berjalan lancar slama acara.. krn sudah sowan ke makam para leluhur ini skali lagi CMIIW ya,, oh ya ziarah kubur ini juga dilakukan pas seblum bulan suci ramadhan, sebelum idul fitri atau idul adha, dan yah sebelum ada yang nikah kek gini.
setelah ziarah kubur ba'da maghrib dilanjutkan dengan baca2 atau haroa ini merupakan tradisi keluarga muna juga. Jadi haroa itu berupa dulang berisi aneka macam makanan tradisional raha seperti lapa2 (sejenis lontong bungkus daun kelapa), ayam parende (ayam yang dimasak dengan daun kedondong), pisng goreng dan pisang mentah, wajik, srikaya, dan lain2 yang smua ada hitungannya dan filosofinya nantilah saya foto dan jelaskan satu2... #lagi2janjixixixxi
setelah baca2 haroa yang dipimpin oleh seorang modin atau imam dilanjutkan dengan pengajian dan barasanji atau pembacaan salawat nabi, trus smua keluarga setelah baca2 ini saling maaf2an dan berdoa bersama semoga acara besoknya lancar dan berkah.
pas hari H, kebetulan saya duduknya depan kamar pengantin jadi g ngeliat jelas prosesinya tapi kalau secara singkatnya ituh keluarga mempelai laki2 diwakili beberapa utusan menghadap keutusan pihak wanita bawa seserahan.. trus ada kotak berisi rokok dan permen, kalau rokoknya sudah diambil atau permennya sudah dimakan artinya pihak laki2nya sudah diterima... setelah proses adat ini selesai dilanjut ke proses akad nikah yg kurleb samalah ya dgn yang lain. prosesi adat sama akadnya ituh kurleb 3jam lumayan lama yah betis eikeh ajah keram bok xixixxixixi.....
inih tak kasi beberapa foto biar g penasaran hahahahha
ini foto neneknya si bond (ibu dari inamartua), ibu mertus yang saya panggil ina dan sipengantin. Nenek si bond ini umurnya sudah hampir 100 keknya karena cucu dia (kakak ke3 si bond) juga udah punys cucu apa yah namanya turunan setelah cicit? Cucut kali ya heheheh
oh iya baju adat ysng dipake ituh baju muna, baju mertua saya jg itu baju adat muna ada aturan tersendiri buat yang sudah menikah dan belum menikah, kalau g salah yg sudah nikah ituh sarungnya harus menutup dada.


Ini beberapa ipar dan lago sya (lago itu penyebutan untuk istir/suami dari kaka atau adek pasangan kita)

Me with my lago

Kalau yang dibawah ini suasana pas prosesi adat, maaf yah kalau fotonya kurang afdol

Keliatan kan ada peti kecil dibungkus kain putih, nagh itu yang isinya permen sama rokok sebagai alat negoisasi heheehehe
Kalau foto yang dibawah ini saya cuma pengen numpang narsis wkwkwkwkw
Maafkan untuk bibir yang kurang merah dan alis yang kurang sinchan serta kelupaan memanfaatkan teknologi kamera 360 hahahah
selese pesta malamnya sda acara goyang jamila tapi udah g sempat ngikutin karena kami udah mau pulang kendsri trus lanjut bombana... tiba dibombana langsung disambut dengan anak2 yg UAS dan parahnya senin ini ada UAS ulang khusus pelajaran matematika... yang entah mengapa diputuskan untuk di ulang haikkkzzzzz......

Demikianlah random story minggu lalu ini
happy week end temans


Cheers
RheY

yang lagi nungguin bond lembur dikantornya padahal modus pen nebeng koneksi inet gratisan wkwkekek

24 comments:

  1. semoga menjadi keluarga samara.... aamin

    ReplyDelete
  2. Wow nenek nya sehat banget ya. Sampe cucunya udh punya cucu. Hebat dah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah ko,, itu msh bisa jalan sendiri, gigi msh utuh, dan bahkan masih mijatnsaya dgn tnaga yg bikin sy triak2 xixixix
      pengaruh makanan sm udara yg slalu segar kali ya

      Delete
  3. promosi terselubung, penampakan galaxy tab4 wakakakak :D
    orang jaman dulu tuh sehat2 sampe bisa liat cicit yah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaa,, lupa di crop ituuuuh..... :p

      Delete
  4. Wah seru ya mudiknya apalagi bertepatan ada upacara adat begitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak sy mudiknya emang slalu pas ada kek gini2an jg... seru krn rame hehehehe

      Delete
  5. Wowww...ponakanmu banyak sekali yaaa :D

    ReplyDelete
  6. waduh ponakan ruarr biasa rhey...inget smua namanya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mbak, saya hapal smuaah hehe2...
      mungkin krn sering ngumpul.....

      Delete
  7. Nenek lago panjang umur banget Rhey..Dan masih sehat. Happy for her :)

    ReplyDelete
  8. artikelnya sangat membantu dan menarik dan menam bah wawasan saya.....
    salam kenal dan salam sukses..
    ....

    ReplyDelete
  9. oalaah prosesi adat sama akadnya, tiga jam ? lama juga yaaa... hihihi
    semoga menjadi keluarga samara ya buat ponakannya mba.. ;)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak des, prosesi adatnya lumayan panjang kaki saya sampe kesemutan juga xixxixiix
      btw, aamiin

      Delete
  10. senengnya itu tiap daerah punya khas nya masing2 ga terkecuali menikah :) pernikahan tiap daerah beda cara :D

    ReplyDelete
  11. Astagaaaaaa Tanteee, knapa labil begitu potoonyaaa, ingat nah ponakan yg 20an itu, wkwkwkkwkwkk...


    Eehh btw lihat prosesi itu kayak jd nostalgia yes, dirimu juga 3thn lalu pake adat2 gito toh, xixixiix.

    ReplyDelete
  12. Seruu Mbak Rhey bacanya. Asik deh baca-baca cerita kumpul bareng keluarga gini. Trus saya tuh paling seneng baca kalo diceritain tentang adat di satu daerah. Jadi nambah ilmu. :D
    Semoga neneknyaMas Bond sehat selalu ya Mbak. Inget Mbah saya di rumah euy.

    ReplyDelete
  13. Kompak-kompak yah, Mbak.. Alhamdulillah :D

    ReplyDelete
  14. Rhey, kupikir itu fotomu lho yg pake baju pengantin, miriippp.. Apa mata gw siwer yak?

    ReplyDelete