Thursday, December 12, 2013

#4 Childhood 90an


Semalam mama datang dari Kendari bawa buku belanjaannya bond bulan ini salah satunya itu buku Generasi 90an karya Marchella yang juga mimin account @generasi90an. Bukunya biasa aja mirip komik2an Lagak Jakarta ala2 Beni & Mice gitu tapi isinya langsung ngebuka semua memori tentang masa2 sekolah dulu, Jaman masih jadi ABG labil sok keren di latest 90an hehehe. G salah dech kalau buku ini dibilang harta karun buat anak cucu spaya nanti bisa ngeh gimana funnya masa skolah di generasi emak babenya.

Saya gak mau bahas buku ini lebih jauh, kalau pengen tau isinya beli sanah di gramedia terdekat.. :D, saya Cuma mau ngebahas masa2 kecil saya yang notabene besar dan skolah diera 90an sampe early 2000an. Masa dimana punya tendo itu kemewahan dan bisa nonton yoko di parabola itu sudah bisa bikin bahagia.

saya masuk sd itu tahun 91 ketauan Tua tapi masih kinyis2 lo, di SDN 5 Mandonga namanya salah satu Sekolah dasar diKendari yang lbh dikenal dengan nama SD bertingkat krn saat itu ya Cuma gedung sd itu aja yg punya 2 lantai, ingat banget pas sudah kelas 5 sm kelas 6 kelas kita itu ada dilantai 2 biasanya sok gaya nongkrong di koridor sambil liatin adek kelas yg lagi baris di lapangan, trus kalau mau turun g pernah mau lewat tangga langsung aja gitu meluncur lewat pegangan tangga yg terbuat dari kayu licin seolah2 main prosotan, it was fun kalau skr mah dengkul udah gemetaran kali… tp saat itu keren banget kalau bisa berhasil meluncur dan nyampe lebih dulu dibawah tanpa capek2 turun tangga. Kalau waktu istrahat tiba ga sabar dulu2an buat berebut lapangan supaya bisa main benteng, main yeye, enggo sembunyi (petak umpet), pokoknya segala hal yang bikin lari2an dan keringatan, itu kali ya sebabnya anak2 pada masa itu gak gampang sakit, abis bebas aja gitu panas2an, hujan2an, jajan tanpa peduli ini ada boraxnya apa kagak, paling kalau keasikan main pulang disetrap mama karena bajunya bisa kotor g karuan. Saat itu juga punya sepatu Kasogi seharga Rp. 19.900,- udah bikin bangga, trus pas kelas 6 ngotot beli spatu Starmon karena ngincar hadiah termos minumnya.. :D

giliran Tamagochi heboh, krn g punya duit buat beli kita2 g kehabisan akal buat melihara hewan virtual, tau nggak apa yang jadi peliharaan kita bulu ayam dri kemoceng buat bersih2itu, yang dipelihara diselipan buku cetak dikasih makan rautan pensil, kalau tumbuh bulu kecil diatas bulu ayam utama rasanya senaaaang banget artinya peliharaan kita berkembang, kacau dah tp seruuuuuuu bener buat diingat2.
Masa2 sd itu juga diisi dengan main sepuasnya mulai dari manjatin pohon gersen, cobain nyolog mangga tetangga yang ini jangan ditiru ya nak dan kalau sudah bulan puasa artinya kan libur saatnya puas2in main lahar didepan rujab gubernur dri subuh sampai pagi, trus pulang tinggal bobo dech biar puasanya g berasa hahahhaha curang bener yak. Jaman SD juga itu langganan majalah bobo sama majalah Ananda atau Aku anak Saleh… Kalau sudah Baca cerita dari Negeri Dongeng rasanya imajinasi langsung terbang pengen jadi Okki yang slalu dibantuin nirmala. Apa kabar bobo, coreng, upik dan paman gembul skr ya..??

Saat SD itu juga pertama kalinya keluarga kami punya tv berwarna merek sharp 14 inchi (masih ada dirumah mama sampe skr), dibeli dengan alasan nyokap sedih krn saat itu pas hari anak nasional banyak film anak diputar di TVRI dan saya tiap malam mesti kerumah tetangga buat nonton sampai ketiduran. Sejak ada tv itu hri minggu selepas makan siang diisi degan nonton bersama serial Tuan Baron, Rudolfo dan Nona misi, saya lupa nama serialnya yang pasti ada salah satu tokoh yang iconic bener yg g bisa kelupaan sampe skr Namanya Justo dan Babina. Setiap mau cenging teman pasti di goda2in dibilang Justo hahahahaha ketawa jahat
Kayaknya udah panjang bener dah ini cerita masa kecil sebenarnya masih banyak yang mau dicritakan apalagi kalau mau disambung sama crta per ABGAn jaman SMP-SMA bisa jadi novel dah xiiixixixi…. Ntar dech saya tulis di postingan selanjutnya itu juga kalau ada yg mau baca rhey.Ah masa kecil, mudah2n anak saya kelak bisa merasakan kebahagian spt masa kecil saya kalau mungkin sich lebih ya nak. Bisa puas bermain dengan alam tanpa menafikan teknologi jaman sekarang….
 
Kalau temans gimana nich masa SDnya???

5 comments:

  1. Astagaaaaaa, ketawa2 deh bacanya. kurang lebih seperti itulah yaaah masa 90an anak2 Kendari, xixiix.
    secara pan kita beda setahunan ya Kakaaaakk, heheheh.

    eeh eehh, bagaimana itu tamagochi dari kemoceng? sa ndk menger bisa tumbuh klo dikasih bekas rautan? :o

    ReplyDelete
  2. iyah pupa,, anak kendari gituuu hahahah
    jadi ya dlu krn g mampu beli tamagochi kita saingannya pelihara bulu kemoceng dikasih makan pake rautan selip tuh dibuku cetak yg tebal kalau rautan habis artinya dia makan pdhal ya paling juga abis krn tuh buku cetak sering dibolak balik. sampe pensil sering diraut cuma buat kasih makan si bulu kemoceng hahahhahahaha.

    ReplyDelete
  3. huaaa kayaknya kita seumuran deh. aku jg dl pengeenn punya tamagochi tp ga dibeliin hiks

    ReplyDelete
  4. iya mbak dulu kan tamagochi happening banget...... huhuhuhuhuhuhuhuhu
    trpaksa dech pakai bulu ayam xixixixiixix

    ReplyDelete
  5. Silahkan gabung disini untuk kelahiran tahun 80an: https://www.facebook.com/groups/737878246291663/?fref=ts

    ReplyDelete