Wednesday, March 30, 2016

TTC part kesekian, HSG Process

Hello blog,,, apa kabar 30 themes writing challenge.. hahahhaha bru tema ke3 saya udah males lanjutin.. ntar yach kapan2.. sdh ada di draft kok tp rata2 msh unfinished #eciyeengelesaja kek bajaj

Mumpung masih di Makassar, msh fresh mau crita2 tentang salah satu usaha saya buat hamidun... HSG...
Jadi ceritanya sudah sekitar 3 bulan ini sy mulai TTC lagi alias trying to concieve, kebetulan di Makassar ada dokter spesialis kandungan yang kesohor banget namanya dokter Nusratuddin prakteknya di RS Awall Bross.... katanya sudah banyak yang berhasil mudah2an saya salah satunya ya....
Saya mulai ikut program hamil dokter Nusrat itu awal januari, seperti obgyn2 lain lah ya pada umumnya saya diperiksa trus ceki2 smuanya normal, dikasih regumen sm blesifen, bulan depannya si bond periksa juga buat cek sperma. Meskipun sdh periksa di prodia Kendari,, di Makassar mesti ngulang lagi ya sudahlah ikutin ajjah... cek percek Alhamdulillah Bond Normal juga.. akhirnya dokter bilang karena sperma, rahim sm sel telur smua oke, sebaiknya saya HSG untuk periksa apa saluran tuba saya ada sumbatan apa nggak... karena kalau ada meskipun semua kondisi sehat proses pembuahan bakaln sulit terjadi.
Sebenarnya jadwal pemeriksaan HSG ini seharusnya awal maret tapi karena saya sm bond berangkat umroh di undurlah ke akhir bulan maret. Karena kebetulan pas umroh itu apa krn kecapean, Atau gimana2 pas mau pulang saya kedatangan Si M dan anehnya cuma 2 hari udah bersih gak ada lg,, akhirnya si blesifen yang hrus diminum hari ke3 M g saya minum. Nagh pas pulang si M ternyata datang lbh cepat seminggu dan kembali normal. Akhirnya kemarin kami ke Makassar lagi buat HSG.
HSG sendiri adalah proses foto rontgen untuk melihat saluran tuba fallopi serta bentuk dan ukuran cavum uteri. dilakukan oleh dokter spesialis radiologi. Kemarin dokter Nusrat ngerujuk saya periksa ke Prof Bahtiar di klinik Arteri Medika daerah Hertasning dekat RS. Christeline di Makassar. Sebelum kesitu saya ke Awal bross dl buat daftar Ke dokter Nusrat pagi2 karena kalau nggak pagi banget daftarnya bisa2 tengah malam bru di periksa. Trus nelpon ke arteri medika buat daftar HSG.
HSG ini gak bisa dilakukan di sembarang hari, harus hari ke 9, 10 atau 11 setelah M hari pertama. Pas nelpon buat daftar ke arteri dijelasin kalau malam ini sampe besok g periksa harus nunggu bulan depan. Fiuh, untung kemarin g nunda keMakassarnya.
Saya dapet jadwal HSG habis magrib, lepas shalat saya sama bond lsng ke klinik. Nunggu dokternya sekitar setengah jam. Lumayan tegang karena dari hasil googling ada yang bilang HSG ini lumayan sakit dan bikin ngilu sampe ada yang minta bius lokal segala... pas jam7 dokternya datang. Saya langsung di panggil asistennya buat ganti baju trus masuk ke ruangan periksa. Disitu sudah ada alat rontgen dan tempat baring dari kaca. Si asisten nyuruh saya telentang dan rileks. Jangan tegang katanya. Trus si dokter mulai deh ngobok2 daerah ituh masuk2kin alat, sebenarnya g terlalu sakit masih lebih nyeri pas Hydro kemarin cuma berasa ngiluuuu banget di daerah situh yah bayangin ajjah ya dimasukin alat2 dsb endesbre itu, pas habis dimasukin alatnya si dokter trus keruangan sebelah buat motret. Sama aja seperti rontgen biasa, bedanya ya itu tadi ada alat yang di masukkin dan cairan khusus untuk ngeliat apa di saluran tuba kita ada sumbatan atau tidak. Prosesnya sendiri g terlalu lama cuman skitar 10menit, trus nunggu hasil skitar 15 menit. Sehabis periksa kebetulan saya keluar darah segar seperti lagi M kata dokternya g masalah ini memang biasa terjadi. Pasien setelah HSG merasa ngilu, pengen BAB sampe keluar flek.
Pas terima hasil lsng deg2an, bawa ke dokter Nusrat alhamdulillah tuba dan cavum uteri semuanya normal, ga ada sumbatan trus ukuran juga normal. Kata dokter dari hasil pemeriksaan seharusnya saya bisa mudah hamil. Trus diresepin vitamin,, asistennya bilang mudah2an si blesifen ini g perlu diminum lagi bulan depan datang sudah hamil.. amiin
Yang saya senengnya dari dokter Nusrat ini,, karena dia orangnya positif banget, g seperti dokter seblumnya blm apa2 sdh lsng dikasihopsi bayi tabung, meskipun kalau konsul g bisa lama2 karena pasiennya yang banyaaaaaaak bener tapi saya selalu puas dengan penjelasan beliau. Trus lsng diarahin keasistennya buat ngatur jadwal berhubungan dan minum obat. Kata dokter Nusrat lagi kalau blm isi mau maju kepemeriksaan tahap selanjutnya. Smg saja bulan depan sudah isi. Mohon doanya ya temans...

Ps. Kalau ada temans daerah sulawesi yang pengen promil ke dokter Nusrat. Biaya konsul 280rb, kalau baru daftar plus 20 rb uang kartu. Biaya obat biasanya sekitar 200-400rban. Trus untuk biaya HSG kemarin ituh 1jt rupiah. Bagi yang diluar makasar kek saya.. bisa nginap di Matura homestay pas samping Awal Bross jadi g perlu repot mikirin transport dan deket banget kalau mau cek lab ke prodia atau klinik rujukan.

Thats all about my HSG story,, buat yang bru mau HSG don't be worry g sesakit seperti yang di bayangkan.. paling ngilu dikit hehehehe
Semoga promil kali ini saya berhasil ya temans,, trus bagi para moms diluar yang juga masih berjuang buat punya baby.. tetap semangat yaa... karena Allah selalu tau kapan waktu yang tepat buat kita. Jangan pesimis dan merasa gagal, merasa belum di percaya.. justru kita termasuk orang pilihan, di percaya kuat menanggung rindu untuk punya momongan, serta dipercaya kuat menahan serangan bertubi2 dari pihak2 yang suka nanya dan koment setajam silet kok belum isi, dll. Xixixix


Stay cool and keep the spirit for the babies in dfuture
Cheers


Rhey

12 comments:

  1. Semoga sukses promilnya yaaa...semoga bulan depan udah ada kabarnya di sini. Amiin :)

    ReplyDelete
  2. Semangatt ya Rheyy :) Sudah usaha dan doa, tinggal tunggu waktunya Tuhan :)

    ReplyDelete
  3. Hai mba gimana promilx?sy jg br mau promil nih ke dr.nusrat...smoga berhasil kita yah mba ;)

    ReplyDelete
  4. Mbak kalo boleh tau domisili mana ya?
    Kalo di kendari ga ada hsg ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di bombana ta, kalau di kendsri kelx belom ada kemaren di awal bross sm dokter nusrat malah hsgnya di klinik tersendiri sama prof bahtiar. Kemaren di sihartini cuma hodro aja yg ada klu indra sm yulia blm nanya jg hsg ada ato nggak

      Delete
    2. Oo gt ya mbak, blh sy minta no wa ato bbm mbak? Biar bisa ngobrol lbh lanjut hehee
      Kalo berkenan kirim ke email sy jg gpp mbak k.r_tata@yahoo.com
      Terima kasih.

      Delete
  5. Ditunggu cerita promil lanjutannya ya mb. Lg promil jg nih. Mau hsg jg bulan ini. Semoga kita disegerakan ya...

    ReplyDelete
  6. Ditunggu cerita promil lanjutannya ya mb. Lg promil jg nih. Mau hsg jg bulan ini. Semoga kita disegerakan ya...

    ReplyDelete
  7. Saya jg promil dgn dr.nusrat
    29.01.2016 nanti kl ada perkembangan di share..

    ReplyDelete
  8. Saya jg promil dgn dr.nusrat
    29.01.2016 nanti kl ada perkembangan di share..

    ReplyDelete