Saturday, March 21, 2015

Film Kamome Dinner

Kalau liat2 arsip di blog ini sepertinya saya g pernah mereview apapun selalu saja curhat ngehe g jelas xixixixix, rasanya gak PD menulis asumsi pribadi tentang suatu produk atau tempat yg pernah didatangi apalagi baca2 cara blogger lain ngereview sesuatu langsung dech semangat saya meleleh dan jari saya jadi selembek agar2 pas dipake ngetik #lebaymaksimal. Tapi pas beberapa hari yang lalu nonton film di channel waku-waku japan saya kok tertarik untuk nulis sedikit tentang film ituh.

saya pengen nulis tentang Kamome Dinner sebuah film buatan jepang dengan setting Helsinski ibu kotanya Finland (kalau tulis Finland otak saya pasti ingat mbak rika yang merit dengan orang sana Heheh )

Gambar dari www.moviepostershop.com

ceritanya di mulai dari seorang gadis bernama Sachi (satomi kobayashi) yang membuka sebuah ruokalla lokki atau kedai kecil di Helsinski. Kedai ini khusus ngejual makanan Jepang dan onigiri jadi menu utamanya. Setelah sebulan buka gak pernah ada yang mau masuk ke kedai tersebut palingam cuma 3 orang nenek yg berdiri didepan kedai sambil senyum2 ngetawain sachi. Setelah sempat putus asa tetiba ada seoang anak muda yg masuk kedalam kedai dan jadi tamu pertama sachi namanya Tommi Hiltunnen (ingat nama suami mbak rika lg Mr. Mikko Martinen hehehe) anak muda ini cuma mesan kopi dan dia suka banget sama Jepang. Si mas Tommi ini minta sachi untuk ngajar dia lagu anak2 jepang gatcha man yang sangat terkenal tapi sachi lupa. Saking penasarannya si sachi sampe ke perpusatakaan kota (mungkin saat itu internet belum tenar ya xixxixi) disna dia bertemu orang jepang lain namanya Midori (Hairi Katagiri) seorang gadis yang ternyata baru saja datang ke Finland yang tau lagu gatcha man dan membuat mereka jadi akrab, sampe2 si Midori diijinkan tinggal dan bekerja di kedai Sachi alasannya ga ada orang jahat yang bisa hapal lagu gatcha man :D.
setelah midori datang kedai sachi mulai rame krn si midori ini maksa sachi untuk jual macam2 masakan dari semula hanya Tommi berkembang jadi banyak banget yang mau makan di kedainya sachi. Dari situlah mulai banyak konflik lain yang terjadi tapi saya g pengen ceritain nonton aja sendiri hehehe.
Ada beberapa hal yang saya anggp menarik di film ini pertama mereka ngebahas kopi luwak sebagai kopi terenak dan termahal di dunia (si midori sampe g mau minum kopi ini pas di bilangin kopi dari ee hewan ) kopi luwak kan kopi asli indonesia ya, jadi bangga. Trus ada satu scene dimana sachi, midori dan tamu sachi yang lain masako ngebahas kenapa sich orang Finland itu selalu rilex dan tiba2 si Tommi nyeletuk karena Finland punya hutan ini mungkin terkait dengan budaya orang sana ya, yang selalu bikin acara piknik di hutan hehehehe.
nonton film ini juga kita di suguhi pemandangan Helsinski yang indah, dan apakah cuma karena ini di film saya gak liat aslinya tapi karakter muka orang Finland itu mirip2 banget, khas gitu. Film ini juga ngasih pesan kalau makanan terenak di dunia itu adalah makanan yang di masak pakai hati dan rasa sayang di dalamnya, inilah alasannya kenapa onigiri yg cm merupakan bola nasi jadi menu utama sachi karena onigiri mengingstkan dia sama ibunya dan Jepang. Film ini masuk dalam 5 besar festival film di yokohama loh, dan dari hasil googling lagi banyak yang ngasih rating positif untuk film ini.

Gimana dari review abal2 gak jelas saya ada yang niat nonton gak? Wah gak ada? nonton donk g nyesal suer dech #maksa :D

Btw, happy weekend temans finally saya ngerasain lg libur hari sabtu huraaaaaaa



Cheeers

RheY

8 comments:

  1. udah oke reveiwnya kok, nanti kalau ada waktu aku nonton juga

    ReplyDelete
  2. Jadi penasaran sama film ini...cari aahh...

    Thanks infonya yaa

    ReplyDelete
  3. Kurang suka dengan film dari jepang, kecuali horor sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngerri nonton horor suka kebayang2 klu lg sendiri #cemen hahaha

      Delete
  4. Aku jugak sukak Onigiri Mbak, meski buatan resto.. :P

    ReplyDelete
  5. Pasti krn dari nasi kan beb :p

    ReplyDelete